Pendataan Susenas Maret dan Seruti Triwulan 1 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Pendataan Susenas Maret dan Seruti Triwulan 1 2024

Pendataan Susenas Maret dan Seruti Triwulan 1 2024

2 Maret 2024 | Kegiatan Statistik


Halo #SobatData
BPS saat ini sedang melaksanakan pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional atau dikenal dengan SUSENAS. Yap, pendataan Susenas sudah dimulai dari tanggal 19 Februari dan berakhir 5 Maret 2024, yang sebelumnya telah dilakukan tahapan pemutakhiran rumah tangga pada tanggal 1-10 Februari 2024. Susenas dilaksanakan secara semesteran, yaitu bulan Maret dan September.

Susenas merupakan salah satu survei penting BPS yang juga dikenal sebagai “The Mother of Survey” Mengapa demikian? karena susenas merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang menghasilkan berbagai macam indikator penting seperti angka kemiskinan, gini ratio, IPM, indikator pendidikan dan berbagai indikator lainnya.

Data hasil SUSENAS ini telah menjadi sandaran utama untuk perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah terutama terkait kondisi Sosial dan Ekonomi masyarakat.

Selain Susenas, survei lain yang terintegrasi dengan Susenas, yaitu Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan atau dikenal dengan SERUTI. Seruti dilaksanakan setiap triwulan untuk memperoleh statistik ekonomi rumah tangga berupa nilai dan pola pendapatan, pengeluaran konsumsi, dan non konsumsi, investasi, dan transaksi keuangan rumah tangga.

Guna menjamin kualitas hasil pendataan rumah tangga, pengawas lapangan turut mendampingi petugas di awal pendataan. Ini dilakukan untuk meminimalisisr kesalahan baik saat wawancara maupun saat pengisian keesioner pencacahan.

Semoga hasil Susenas benar-benar dapat memotret kondisi sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Pati dengan sebenarnya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik