Pelatihan Petugas Susenas MSBP dan Seruti Triwulan III 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Pelatihan Petugas Susenas MSBP dan Seruti Triwulan III 2024

Pelatihan Petugas Susenas MSBP dan Seruti Triwulan III 2024

6 September 2024 | Kegiatan Statistik


Bertempat di New Merdeka Hotel Pati, BPS Kabupaten Pati menggelar Pelatihan Petugas Susenas MSBP dan Seruti Triwulan III 2024 selama 3 hari, tanggal 4-6 September 2024.

 

Pelatihan dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Pati, Bob Setiabudi dan diikuti sebanyak 35 peserta (organik BPS dan mitra statistik) dengan instruktur Wahyu Rini Astuti dan Sri Yulani Adam.

 

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) disebut sebagai “Mother of Survey” merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga memiliki peranan penting dalam menghasilkan indikator sosial dan ekonomi, diantaranya Kemiskinan, Gini Ratio, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan indikator lainnya.

 

Susenas MSBP merupakan survei rutin yang dilakukan oleh BPS setiap tiga tahun sekali. Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) merupakan survei berbasis rumah tangga yang merupakan integrasi tiga survei yaitu Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga Triwulanan (SKKRT), dan Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumah tangga (SKTIR). Seruti sendiri bertujuan untuk mengumpulkan data perekonomian rumah tangga guna melihat pola konsumsi rumah tangga di setiap triwulannya.

 

Dalam sambutannya, Bob berpesan agar petugas bekerja dengan sungguh-sunguh dari awal sampai akhir pelaksanaan, mematuhi jadwal, sesuai SOP, dan selalu mengedepankan kualitas data yang dihasilkan. Saat pengumpulan data di lapangan, petugas harus mampu memotret apa adanya sesuai kondisi di lapangan.

 

Semoga pelaksanaan Susenas MSBP dan Seruti di Kabupaten Pati nantinya berjalan dengan lancar, selesai tepat waktu dan menghasilkan data yang berkualitas.

(Humas)

 

#susenas

#seruti

#cintadata

#motherofsurvey

#HSN2024

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik