Pemutakhiran Keluarga dan Rumah Tangga Susenas Maret 2022 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Pemutakhiran Keluarga dan Rumah Tangga Susenas Maret 2022

Pemutakhiran Keluarga dan Rumah Tangga Susenas Maret 2022

14 Maret 2022 | Kegiatan Statistik


Kegiatan Susenas Maret 2022 telah mulai dilaksanakan. Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang penting di Indonesia. Saat ini, Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) merupakan  sandaran utama pemenuhan kebutuhan pemerintah dalam mengimplementasikan pembangunan nasional agar sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan tujuan pembangunan internasional (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs).

Salah satu tahapan kegiatan sebelum tahapan pengumpulan data rumah tangga sampel adalah pemutakhiran/updating keluarga dan rumah tangga. Pemutakhiran ini bertujuan untuk memberikan gambaran jumlah keluarga dan rumah tangga dalam satu blok sensus yang nantinya digunakan sebagai dasar penarikan sampel rumah tangga. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin keakuratan data populasi yang akan dikumpulkan. Selain itu, petugas juga melakukan update terhadap jumlah jiwa di setiap rumah tangga, pendidikan terakhir kepala rumah tangga dan keberadaan anggota rumah tangga berusia 2-4 tahun. Variabel-variabel tersebut akan menjadi bahan penimbang dalam penarikan sampel rumah tangga Susenas, untuk kemudian dilakukan pencacahan lengkap. Penting untuk diketahui bahwa sebelum melakukan updating, petugas pencacah melakukan penelusuran wilayah blok sensus yang menjadi wilayah kerjanya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi salah cakupan demi menjaga dan meningkatkan kualitas data yang ada.

Jadwal pemutakhiran sendiri antara tanggal 6-13 Maret 2022. Total blok sensus terpilih di Kabupaten Pati sebanyak 91 blok sensus. Sementara itu, jumlah petugas yang dikerahkan BPS Kabupaten Pati dalam kegiatan Susenas Maret 2022 sebanyak 69 petugas yang terdiri 46 orang sebagai pencacah dan yang bertugas sebagai pengawas sebanyak 23 orang. Keseluruhan petugas telah mendapatkan materi dan tata cara pendataan dalam Pelatihan Petugas Susenas Maret 2022. Semoga semuanya selalu diberikan kesehatan dan kemudahan oleh Allah SWT. Aamiin.. (W. Rini Astuti)

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik