Pemutakhiran Rumah Tangga Sakernas Februari 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Pemutakhiran Rumah Tangga Sakernas Februari 2024

Pemutakhiran Rumah Tangga Sakernas Februari 2024

8 Februari 2024 | Kegiatan Statistik


Survei Angkatan Kerja Nasional atau disingkat Sakernas merupakan salah satu survei rutin BPS yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Februari dan Agustus. Melalui survei ini dihasilkan indikator-indikator ketenagakerjaan, seperti tingkat pengangguran terbuka (TPT), tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK), tingkat kesempatan kerja (TKK), penduduk yang bekerja, dll.

 

Tahapan sebelum pencacahan rumah tangga sampel adalah pemutakhiran rumah tangga, yang bertujuan untuk memberikan gambaran jumlah rumahtangga dalam satu blok sensus. Di samping itu untuk mengupdate keberadaan rumahtangga apakah rumah tangga ditemukan, ganti kepala rumah tangga, pindah dalam/keluar blok sensus, bergabung dengan rumah tangga lain, rumah tangga baru dan tidak ditemukan. Pemutakhiran rumahtangga dilakukan secara door to door, hal ini dimaksudkan untuk menjamin keakuratan data populasi yang akan dikumpulkan.

 

Pengawasan lapangan juga dilakukan untuk mengawal kualitas data hasil pemutakhiran, dan membantu menyelesaikan permasalahan yang ditemui pencacah saat pengumpulan data. Pemutakhiran ini dilakukan dengan Metode CAPI dan hasil pemutakhiran nantinya digunakan sebagai dasar penarikan sampel.

 

Di Kabupaten Pati, jumlah sampel Sakernas Februari 2024 sebanyak 19 blok sensus, dengan jumlah petugas sebanyak 10 orang (7 orang PCL dan 3 orang PML). Jadwal pemutakhiran tanggal 25 Januari - 8 Februari 2024. Alhamdulillah tahapan pemutakhiran dibKabupaten Pati telah selesai dan akan dilanjutkan dengan pencacahan ruta sampel yang dimulai tanggal 15 Februari 2024.

(Humas)

 

#sakernasfebruari

#angkatankerja

#datamencerdaskanbangsa

#sakernas

#cintadata

#berakhlak

#bpsprovjateng

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik