Penutupan Pelatihan Statistik Sektoral 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Penutupan Pelatihan Statistik Sektoral 2021

Penutupan Pelatihan Statistik Sektoral 2021

8 November 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam kegiatan statistik sehingga memiliki kemandirian dalam penyediaan ragam statistic yang dibutuhkan, BPS mengadakan pelatihan Statistik Sektoral Prov/Kab/Kota tahun 2021.

Pelatihan diikuti perwakilan BPS, Bappeda dan Diskominfo seluruh Provinsi/Kabupaten/Kota. Dengan banyaknya peserta, pelatihan dilakukan dalam 7 angkatan dengan pembukaan tgl 30 Agustus 2021 dan ditutup tanggal 8 November 2021. Setiap peserta mendapatkan pelatihan selama 56 jam pelajaran yang terdiri dari:

(1). Massive Open Online Course (MOOC),

(2). Ceramah muatan teknis substansif lembaga (MTSL),

(3). Tata laksana penyelenggaraan kegiatan statistic,

(4). Langkah praktis dalam survey dan kompromin, Aplikasi,

(5). Aplikasi penyelenggaraan kegiatan statistik,

(6). Dasar-dasar statistik,

(7). Penjelasan aplikasi INDAH,

(8). Penjelasan Rancangan Kegiatan Statistik (RKS),

(9). Coaching

(10). Seminar rancangan kegiatan statistic (RKS)

Eni Lestariningsih, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPS dalam acara penutupan menjelaskan bahwa perstatistikan harus terintegrasi melalui koordinasi dan komunikasi yang baik antara BPS dengan Kementerian/Lembaga/Dinas/Instansi sehingga memiliki kesamaan pemahaman konsep dan metodologi statistik. Oleh karena itu diperlukan Statistical Capacity Building kepada pihak-pihak terkait, khususnya pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Dengan pelatihan ini diharapkan terwujudnya Satu Data Indonesia dengan prinsip Standar data, Metadata, Interoperabilitas data dan Kode referensi dan/atau data induk. Maka setiap Kementerian/Lembaga/Dinas/Instansi dalam menghasilkan data mampu dan berupaya mewujudkan prinsip satu data Indonesia tersebut.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik