Pencacahan Survei Triwulanan Perusahaan Air Bersih Tahun 2022 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Pencacahan Survei Triwulanan Perusahaan Air Bersih Tahun 2022

Pencacahan Survei Triwulanan Perusahaan Air Bersih Tahun 2022

14 Juli 2022 | Kegiatan Statistik


Sebagai kebutuhan individu, air bersih merupakan pendukung utama metabolisme tubuh memiliki dampak pada kesehatan. Di sisi lain semakin hari terasa air bersih menjadi sesuatu yang mahal dan tidak mudah diperoleh. Oleh karenanya persoalan ketersediaan dan kemudahan akses terhadap air bersih menjadi salah satu prioritas yang harus terus diupayakan baik oleh pemerintah maupun masyarakat sendiri agar selalu ada dalam jumlah yang cukup dan mudah diperoleh.

Secara teknis dan operasional, kebijakan pemerintah akan air bersih ini diimplementasikan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Perusahaan air bersih merupakan satu lembaga ekonomi utama penyelenggara dan penyedia air bersih, oleh karena itu kinerja perusahaan air bersih menjadi salah satu ukuran penting dan menjadi harapan bagi keberhasilan kebijakan sektor air bersih.

Sebagai penyelenggara penyedia data statistik di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1975 menyelenggarakan Survei Perusahaan Air Bersih terhadap perusahaan air minum.

Tujuan dan sasaran dari Survei Perusahaan Air Bersih ini antara lain:

1.       Mengumpulkan data statistik perusahaan air bersih yang dapat dipercaya dan tepat waktu untuk keperluan perencanaan pembangunan sektor air bersih.

2.       Untuk mendapatkan data dan informasi perusahaan air bersih tentang cara pengusahaan, bentuk badan hukum, status kepemilikan, tenaga kerja, upah/gaji, produksi, biaya pembentukan modal, kegiatan pemasaran serta keterangan lainnya.

 

Survei dilakukan secara tahunan dan triwulanan. Untuk Survei triwulanan Perusahaan Air Bersih dimulai sejak Tahun 2022. Survei tersebut dilakukan setiap tiga bulan untuk dapat memantau perkembangan perusahaan/ usaha melalui indikator produksi.

Keberlangsungan survei ini dibutuhkan mengingat kebutuhan akan data triwulanan diperlukan dalam penyusunan PDB/PDRB triwulanan.

Di Kabupaten Pati Perusahaan Air Bersih yang menjadi responden adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening.

Pencacahan responden survey ini dilakukan di tiap triwulan. Triwulan 1 pencacahan pada 1-10 April, triwulan 2 pada 1-10 Juli, triwulan 3 pada 1-10 Oktober. Untuk triwulan 4 pencacahan pada 1-10 Januari Tahun 2023.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik