KEGIATAN PENDATAAN LONG FORM SENSUS PENDUDUK (LF SP) 2020 KECAMATAN TRANGKIL - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

KEGIATAN PENDATAAN LONG FORM SENSUS PENDUDUK (LF SP) 2020 KECAMATAN TRANGKIL

KEGIATAN PENDATAAN LONG FORM SENSUS PENDUDUK (LF SP) 2020 KECAMATAN TRANGKIL

29 Mei 2022 | Kegiatan Statistik


Setelah sukses menggelar Sensus Penduduk 2020 (SP2020), di Pertengahan bulan Mei 2022 Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati akan melaksanakan pendataan sensus sampel dengan menggunakan kuesioner yang lebih rinci (Long Form). Hal tersebut sebagai kelanjutan dari kegiatan SP2020 pada tahun lau. Kegiatan ini bertujuan mengumpulkan data-data terkait parameter demografi (kelahiran, migrasi, dan kematian), pendidikan, disabilitas, ketenagakerjaan, perumahan, dan informasi penting lainnya.

Kegiatan tersebut membutuhkan Petugas Pendata Lapangan (PPL), Koordinator Tim (Kortim), dan Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka).  Beban tugas setiap PPL rata-rata 5 Blok Sensus (BS), dan setiap Kortim mengoordinir rata-rata 3 PPL, dan 1 kecamatan di bawahi oleh 1 orang Koseka. Pendataan diawali dengan melakukan pemutakhiran seluruh rumah tangga di setiap BS. Setelah seluruh rumah tangga terdaftar, akan dipilih sampel sebanyak 16 rumah tangga per BS (total 80 rumah tangga untuk 5 BS) yang akan didata lebih lanjut menggunakan aplikasi ICS di HP android petugas.

Sebelum melakukan pemutakhiran di BS terpilih para petugas sebelumnya sudah mengikuti pelatihan secara tatap muka yang telah diselenggarakan di Hotel New Merdeka pada tanggal, 11-14 Mei 2022. Harapan dari proses pelatihan Petugas Long Form Sensus Penduduk 2020 ini adalah tersedianya petugas yang terlatih dan handal untuk melaksanakan pendataan Long Form Sensus Penduduk 2020 di wilayah tugasnya masing-masing. Kemudian, adanya kesamaan persepsi mengenai konsep definisi, tatacara pengisian kuesioner, dan SOP pelaksanaan Long Form Sensus Penduduk 2020 secara keseluruhan serta meninimalkan non sampling eror.

Demi mewujudkan harapan tersebut serta untuk mewujudkan data yang berkualitas Tim Long Form Sensus Penduduk 2020 Kecamatan Trangkil yang terdiri dari 10 orang PPL dan 3 orang Kortim di bawah naungan Koseka Bapak Agus Sudaryadi, S.Si, M.Si., melakukan beberapa terobosan antara lain melakukan pendampingan kepada petugas dan melakukan evaluasi rutin pada saat pengumpulan laporan petugas. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kesalahan di awal pendataan, dan untuk meberikan solusi atas permasalahan yang di hadapi petugas di Lapangan.

Kami berharap dukungan dan keterbukaan dari seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menyukseskan Long Form Sensus Penduduk 2020 dengan cara memberikan data yang valid sesuai kondisi sebenarnya kepada petugas. Karena keberhasilan sensus ini akan menjadi upaya awal pemerintah dalam mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik