Survei Ubinan untuk Mengukur Produktivitas Padi - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Survei Ubinan untuk Mengukur Produktivitas Padi

Survei Ubinan untuk Mengukur Produktivitas Padi

5 Oktober 2021 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Pati mengadakan survei ubinan padi di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo pada tanggal 5 Oktober 2021. Tujuan dilakukan kegiatan tersebut adalah mengumpulkan data produktivitas tanaman pangan, terutama tanaman padi. Survei ubinan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh BPS bersamaan dengan waktu panen. Survei ubinan padi ini dilakukan melalui pendekatan Kerangka Sampel Area (KSA).

Adapun proses ubinan yang dilakukan adalah yang pertama menentukan titik lokasi tempat ubinan yang berukuran 2,5 m kali 2,5 m. Pemilihan lokasi ini didasarkan oleh pengukuran yang dilakukan sebelumnya yaitu dengan mengukur satu petak sawah lalu diambil titik random untuk memilih titik pusat plot ubinan. Dengan menggunakan prinsip searah jarum jam dari arah barat daya, ditentukan kotak area padi yang digunakan sebagai sampel ubinan. Selanjutnya area padi dalam kotak dirontokkan lalu ditimbang.

Pada kegiatan ubinan kali ini dilakukan pada 2 petak sawah padi yang sudah siap panen. Hasil yang didapatkan dari survei ubinan kali ini adalah sebanyak 6,135 kg dan 5,49 kg.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik