PELATIHAN SAKERNAS AGUSTUS 2021 BPS KABUPATEN PATI - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

PELATIHAN SAKERNAS AGUSTUS 2021 BPS KABUPATEN PATI

PELATIHAN SAKERNAS AGUSTUS 2021 BPS KABUPATEN PATI

9 Agustus 2021 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Pati kembali menyelenggarakan Pelatihan Petugas Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2021. Setelah ada penyesuaian jadwal karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pelatihan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Agustus 2021 dengan pembelajaran E-Learning melalui virtual zoom meeting. Pelatihan diikuti oleh sebanyak 34 orang mitra statistik dan 7 orang organik BPS, yang terbagi dalam 2 (dua) ruang kelas zoom meeting dalam 1 gelombang. Acara dibuka oleh Instruktur Daerah (Inda) masing-masing kelas. Penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan dan ini tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti pelatihan.

Sakernas merupakan survei yang secara umum  bertujuan untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator lainnya serta perkembangannya di tingkat nasional, propinsi dan kab/ kota lain. Di masa pandemi Covid-19 ini, Sakernas Agustus ini juga bertujuan untuk mengumpulkan informasi terkait dampak covid-19 terhadap ketenagakerjaan. Terdapat banyak perubahan dalam Kuesioner Agustus 2021 dibandingkan Februari 2021. Ada beberapa penambahan di beberapa rincian pertanyaan, di sisi lain ada juga pengurangan pertanyaan. Selain itu, terdapat juga penyempurnaan pada pertanyaan Program Kartu Prakerja.

Kepala BPS Kabupaten Pati, Anang Sarwoto, S.Si, MA, menitipkan pesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pembelajaran E-learning ini dengan optimal. Petugas nantinya ikut berperan untuk menjaga kualitas data sakernas yang dikumpulkan, harus sesuai SOP, tepat waktu dan harus mampu melakukan probing/menggali informasi dari responden. Beliau juga berpesan kepada seluruh petugas untuk selalu berhati-hati, menjaga kesehatan dan keselamatan, tetap menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan lapangan.

 

Alhamdulillah, pelaksanaan Pelatihan Petugas Sakernas Agustus 2021 berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala berarti. Dan semoga dalam kegiatan pencacahan dan wawancara dengan responden juga diberikan kemudahan dan kelancaran. Teman-teman yang bertugas nanti juga selalu diberikan kesehatan dan perlindungan Allah SWT. Aamiin..

Tetap selalu menjaga Protokol Kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak aman dan rajin membersihkan tangan dengan sabun/handsanitizer. Salam Sehat dan selalu semangat.. (Wahyu Rini)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik