Lebih Sederhana dan Ringkas, Susenas September 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Lebih Sederhana dan Ringkas, Susenas September 2020

Lebih Sederhana dan Ringkas, Susenas September 2020

12 Oktober 2020 | Kegiatan Statistik


     Pada bulan September 2020, BPS mengadakan kegiatan rutin Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang menitikberatkan pada bidang Ketahanan Sosial (Hansos). Secara nasional, Susenas September 2020 mencakup 7.500 blok sensus atau sebesar 75.000 rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi, sehingga dapat didisagregasi sampai tingkat provinsi. Sampel Susenas September merupakan subsampel Susenas Maret 2020 (panel sampel blok sensus).

Pendataan Susenas September 2020 mengalami adaptasi tertentu, mengingat Indonesia masih mengalami masa pandemi Covid-19. Selain sampel dirancang panel BS, sampel rumah tangga juga dirancang secara panel mengikuti sampel Susenas Maret 2020, sehingga dampak pandemi Covid-19 dapat dipantau. BPS juga menyusun mekanisme perubahan sampel, karena bisa saja beberapa daerah berada di zona merah.

Kuesioner juga didesain lebih sederhana untuk membatasi waktu petugas bertemu dengan responden. Kuesioner Konsumsi Pengeluaran (KP) dibuat ringkas dan kuesioner Modul Hansos hanya menanyakan indikator SDGs dan beberapa pertanyaan tambahan terkait proteksi sosial. Pertanyaan tambahan akan digunakan untuk menganalisis dampak Covid-19 dalam indikator-indikator yang dihasilkan.

BPS RI (Pusat) juga telah menginstruksikan supaya para petugas tetap menjaga protokol kesehatan, untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para petugas lapangan dan responden di masa pandemi Covid-19 ini. Sebelum terjun ke lapangan, calon petugas wajib melakukan rapid tes untuk mendapatkan petugas yang non reaktif untuk ke lapangan. Petugas dilengkapi dengan perlengkapan alat pelindung diri (APD), seperti masker dan hand sanitizer/desinfektan. Selain itu, diharapkan sebaiknya wawancara dilakukan di luar rumah responden (area terbuka) dengan menjaga jarak aman dan menghindari kontak langsung dengan reponden.

Di Kabupaten Pati, jumlah blok sensus yang menjadi sampel sebanyak 21 blok sensus atau 210 rumah tangga. Pencacahan lapangan dilaksanakan oleh 17 petugas lapangan yang sudah dilatih secara daring antara tanggal 8-10 September 2020. Petugas lapangan yang ditugaskan dalam pendataan terdiri dari 11 pencacah lapangan (PCL) yang melibatkan mitra statistik dan 6 pemeriksa lapangan (PML) yang berasal dari pegawai BPS Kabupaten Pati sendiri.

Pada awal pelaksanaan lapangan, PCL dan PML berkunjung ke kantor desa/kelurahan setempat untuk memberikan informasi tentang kegiatan Susenas September 2020, sekaligus meminta ijin untuk melaksanakan pendataan. Kemudian melakukan identifikasi keberadaan rumah tangga sampel dengan Ketua Lingkungan Setempat (RT) sebagai narasumbernya. Setelah tahapan identifikasi selesai, PCL melakukan pendataan dan wawancara langsung terhadap rumah tangga yang menjadi sampel tersebut. Masing-masing PCL mendapatkan alokasi sebanyak 1-2 blok sensus atau sekitar 10-20 rumah tangga sampel.

Pendataan rumah tangga sampel Susenas September 2020 berlangsung antara tanggal 21-30 September 2020. Dengan waktu yang tersedia selama 10 hari, PCL dan PML berupaya keras untuk memenuhi target penyelesaian pendataan lapangan. Berbagai strategi lapangan dan teknik wawancara dilakukan oleh setiap PCL bersama dengan PML-nya untuk tetap menghasilkan data yang berkualitas.

Untuk memudahkan saat kunjungan pendataan, PCL dan PML harus mengetahui posisi rumah tangga sampel. Selain itu, juga mengetahui kebiasaan rumah tangga sampel. Pada beberapa rumah tangga terkadang tidak dapat dijumpai pada pagi hingga sore hari, sehingga PCL harus mengunjungi rumah tangga di kediamannya saat malam hari. Bahkan ada beberapa rumah tangga sampel yang dikunjungi lebih dari sekali baru dapat dilakukan wawancara, karena sering bepergian dan pulangnya tidak menentu. Pada rumah tangga-rumah tangga yang susah untuk dijumpai tersebut, PCL dan PML memang harus dapat melakukan berbagai antisipasi dan mengefisienkan waktu pendataan. Setelah selesai wawancara, PCL memberikan souvenir berupa handbag kepada responden yang tentu saja disambut dengan senang hati setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari PCL.

Alhamdulillah, pendataan lapangan Susenas September 2020 di Kabupaten Pati telah berakhir dan selesai tepat waktu, di saat BPS Kabupaten Pati juga menyelesaikan pendataan SP2020 September. Secara umum tahapan kegiatan identifikasi dan pencacahan Susenas September 2020 berjalan dengan baik. Seluruh rumah tangga sampel dapat dikunjungi dan PCL pun dapat melakukan wawancara secara langsung dengan responden yang mengetahui keadaan rumah tangganya. Dokumen hasil pencacahan lapangan yang sudah diselesaikan oleh PCL, kemudian diserahkan ke PML untuk diperiksa kewajaran dan konsistensi datanya. Dokumen yang sudah diperiksa PML diserahkan ke subbagian Tata Usaha, yang kemudian dilakukan tahap editing-coding oleh seksi Statistik Sosial dan selanjutnya dilakukan proses pengolahan data oleh seksi IPDS.

Penghargaan dan rasa terima kasih diberikan BPS Kabupaten Pati kepada para mitra statistik yang telah melaksanakan kegiatan Susenas September 2020 di Kabupaten Pati khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya, dan kepada pihak-pihak yang membantu kelancaran kegiatan ini. Semoga keselamatan dan keberkahan selalu menyertai kita semua.

Jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan, selalu berdoa, bertawakkal dan tetap semangat. Semoga COVID-19 cepat berlalu dari negeri tercinta Indonesia... SALAM SEHAT SELALU... (W. Rini. A)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik