Pelatihan Petugas Pemutakhiran Kerangka Geospasial dan Muatan Wilkerstat ST2023 Gelombang I - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Pelatihan Petugas Pemutakhiran Kerangka Geospasial dan Muatan Wilkerstat ST2023 Gelombang I

Pelatihan Petugas Pemutakhiran Kerangka Geospasial dan Muatan Wilkerstat ST2023 Gelombang I

18 Februari 2022 | Kegiatan Statistik


Kegiatan lapangan ini meliputi konfirmasi SLS melalui aparat desa, konfirmasi batas SLS dan pengumpulan data muatan pertanian, geotagging tutupan lahan, dan geotagging infrastruktur pertanian. Sedangkan, kegiatan pengolahan yang akan dilakukan adalah pengolahan muatan wilkerstat, pengolahan peta wilkerstat, dan pengolahan tutupan lahan. Adapun pelaksanaan lapangan akan diadakan pada tanggal 1-31 Maret 2022. Selain itu, terdapat pula target saat pelatihan ini adalah materi kegiatan dapat disampaikan secara lengkap oleh instruktur daerah (inda) kepada seluruh peserta pelatihan, petugas pelatihan diharapkan melakukan diskusi dengan interaktif bersama dengan inda, dan peserta dapat menyerap materi pelatihan dengan baik.

Pelatihan petugas pemutakhiran kerangka geospasial dan muatan wilkerstat ST2023 diadakan 3 gelombang, dengan rincian gelombang I diadakan pada tanggal 17-18 Februari 2022, gelombang II diadakan pada tanggal 21-22 Februari 2022, dan yang terakhir gelombang III diadakan pada tanggal 23-24 Februari 2022. Pada pelatihan petugas gelombang I, para petugas dibagi menjadi lima kelas dengan masing-masing dibimbing oleh satu Inda. Setiap gelombang pelatihan dilakukan pembukaan via zoom meeting yang dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Pati, Bapak Anang Sarwoto, S.Si., M.M., dan Kasubbag Umum BPS Kabupaten Pati, Bapak Suharto, SE. Adapun yang menjadi Inda pada pelatihan kali ini adalah pegawai organik dari BPS Kabupaten Pati dengan rincian sebagai berikut.

  • Inda pelatihan untuk kelas A adalah Ibu Ir. Eny Setiyaningsih yang membimbing petugas dari Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Kayen dengan jumlah petugas 28 peserta.
  • Inda pelatihan untuk kelas B adalah Bapak Duto Sulistiyono,S.ST, M.Si yang membimbing petugas dari Kecamatan Kayen dan Tambakromo dengan jumlah petugas 25 peserta.
  • Inda pelatihan untuk kelas C adalah Bapak Suparman,S.ST yang membimbing petugas dari Kecamatan Winong dan Pucakwangi dengan jumlah petugas 26 peserta.
  • Inda pelatihan untuk kelas D adalah Bapak Randy Apriansyah, A.Md yang membimbing petugas dari Kecamatan Pucakwangi, Jaken, dan Batangan dengan jumlah petugas 27 peserta.
  • Inda pelatihan untuk kelas E adalah Ibu Adi Ratnaningrum, M.Si yang membimbing petugas dari Kecamatan Batangan dan Gabus dengan jumlah petugas 26 peserta.

Adapun jadwal pelatihan dilakukan dari pukul 07.30 – 17.30 WIB dengan beberapa kegiatan antara lain pada hari pertama yaitu pembukaan, dilanjutkan penjelasan konsep dan definisi, metodologi, alur kerja pengawas, dan alur kerja pemeta. Selanjutnya di hari kedua dilanjutkan penjelasan mengenai alur kerja pemeta (lanjutan), penjelasan pengisian dokumen, praktek aplikasi wilkerstat, dan penutupan. Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Selain itu, panitia sudah menyiapkan perlengkapan guna penerapan protokol kesehatan saat pelatihan yaitu dengan memberikan masker dan hand sanitizer kepada para peserta. Sehingga, setiap peserta sudah menerapkan protokol kesehatan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik