Pencacahan Sakernas Februari 2022 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Pencacahan Sakernas Februari 2022

Pencacahan Sakernas Februari 2022

14 Februari 2022 | Kegiatan Statistik


Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) adalah survei yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan. Jika dilihat dari sejarahnya, Sakernas sudah dimulai sejak tahun 1976 dan terus dilaksanakan sampai saat ini.

Sakernas dilaksanakan pada bulan Februari (Semester I) dan bulan Agustus (Semester II). Hingga saat ini, Sakernas telah mengalami berbagai perubahan baik waktu pelaksanaan, level estimasi, cakupan, metodologi, maupun kuesioner. Pada Februari 2022, Sakernas dilaksanakan kembali dengan tujuan umum untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Sedangkan secara khusus, Sakernas bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya yang representatif di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, Sakernas Februari 2022 juga mempunyai tujuan khusus untuk mengumpulkan informasi terkait dampak COVID-19 terhadap ketenagakerjaan di Indonesia. Sakernas Februari 2022 ini dikumpulkan untuk memperoleh estimasi yang representatif hingga tingkat provinsi.

Penyesuaian proses bisnis masih diterapkan pada Sakernas Februari 2022 untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 yang mungkin masih berlangsung pada saat pendataan di lapangan. Sakernas Februari 2022 dilaksanakan di seluruh Provinsi di Indonesia dengan besaran sampel 7.500 blok sensus atau 75.00 rumah tangga. Kabupaten Pati mendapat alokasi sampel sebanyak 21 blok sensus atau 210 rumah tangga yang dikerjakan oleh 7 orang petugas pencacah lapangan (PCL) dan 3 orang petugas pengawas lapangan (PML). Sampel Sakernas 110 tersebut tersebar di 17 kecamatan dan 21 desa yang ada di Kabupaten Pati.

Secara garis besar, kegiatan Sakernas ini dibagi menjadi tiga, yakni persiapan, pelaksanaan lapangan, dan pengolahan. Kegiatan lapangan Sakernas diawali dengan pelaksanaan pemutakhiran rumah tangga di blok sensus terpilih yang berlangsung pada tanggal 27 Januari sampai 7 Februari. Sedangkan, pencacahan rumah tangga dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 28 Februari. Saat ini, dokumen hasil pencacahan lapangan yang telah diselesaikan PCL sudah diserahkan ke PML untuk dikoreksi. Demikian juga, sebagian dokumen yang sudah dikoreksi PML, berikutnya masuk ke tahap pengolahan. Alhamdulillah, dengan kerja keras dan kerjasama yang baik antara PCL, PML, serta semua pihak terkait, kegiatan pencacahan Sakernas Februari 2022 dapat selesai tepat pada waktunya.

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik