Pelaksanaan Kegiatan Pencacahan Lapangan Survei Pertanian Terintegrasi 2021 (SITASI 2021) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

Pelaksanaan Kegiatan Pencacahan Lapangan Survei Pertanian Terintegrasi 2021 (SITASI 2021)

Pelaksanaan Kegiatan Pencacahan Lapangan Survei Pertanian Terintegrasi 2021 (SITASI 2021)

1 November 2021 | Kegiatan Statistik


Menjelang akhir Bulan Oktober, Survei Pertanian Terintegrasi 2021 (SITASI2021) memasuki tahapan pencacahan lapangan. Pencacahan lapangan SITASI 2021 dilakukan pada unit usaha pertanian  yang  meliputi  usaha pertanian pada rumah tangga, non rumah tangga, dan perusahaan. Pencacahan lapangan dilakukan dengan cara wawancara langsung melalui moda Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI). Dimulai dari alokasi sampel yang meliputi 20 kecamatan se-Kabupaten Pati, pelaksanaan pencacahan lapangan SITASI 2021 dimulai tanggal 18 Oktober s/d 23 November 2021. Pada pelaksanaan pencacahan lapangan, petugas lapangan harus mematuhi SOP yang telah ditetapkan dimana pada pencacahan rumah tangga, pengawas harus mendampingi setiap PCS pada awal pencacahan agar tidak terjadi kesalahan berulang.

Survei Pertanian Terintegrasi (SITASI) mengadopsi Agricultural Integrated Survei (AGRIS)-FAO yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. AGRIS merupakan program survei terpadu yang dilaksanakan selama sepuluh tahun, digunakan sebagai dasar terciptanya sistem statistik pertanian yang efisien. SITASI pada utamanya digunakan dalam mendesain dan memonitoring kebijakan nasional. SITASI dirancang untuk mempercepat perbaikan kualitas data pertanian pada dimensi teknis, ekonomi, lingkungan, dan sosial.

SITASI juga menyediakan data dasar untuk memantau indikator-indikator dalam Sustainable Development Goals (SDG’s). Indikator tersebut yaitu :

2.3.1 :Volume produksi per unit tenaga kerja menurut klasifikasi usaha pertanian/peternakan/kehutanan

2.3.2 : Pendapatan Rata-rata Usaha Pertanian Skala Kecil menurut Jenis Kelamin dan Status Kewarganegaraan

2.4.1 : Perubahan tahunan luas lahan kritis dengan unit % atau ha

5.a.1 : Persentase penduduk dengan kepemilikan atau hak yang terjamin atas lahan pertanian (dari total populasi pertanian), berdasarkan jenis kelamin.

Hasil pendataan SITASI 2021 dirancang untuk estimasi pada tingkat kabupaten, sehingga keberhasilan pelaksanaan SITASI 2021 akan dapat menghasilkan Minimum Set Core Data bidang pertanian dan indikator SDG’s di Kabupaten Pati terkait point-point yang telah disebutkan di atas.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik