RAPAT KONSOLIDASI DAN REKONSILIASI HASIL SP2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

RAPAT KONSOLIDASI DAN REKONSILIASI HASIL SP2020

RAPAT KONSOLIDASI DAN REKONSILIASI HASIL SP2020

1 Desember 2020 | Kegiatan Statistik


Rabu, 18 November 2020, BPS Kabupaten Pati yang dipimpin oleh Anang Sarwoto, S.Si, MM, mendapat mandat dari BPS Provinsi Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah acara “Rapat Konsolidasi dan Rekonsiliasi Hasil SP2020”. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel New Merdeka, yang dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Se-Karesidenan Pati, yaitu dari BPS Kabupaten Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora dan Grobogan beserta Kasi Statistik Sosial dan Kasi/Staf lainnya. Selain itu, hadir juga Kepala Bidang Distribusi BPS Provinsi Jawa Tengah, Arjuliwondo, S.Si, selaku Koordinator Wilayah (Korwil) di Karesidenan Pati.

Acara dibuka sekaligus dipimpin oleh Arjuliwondo, S.Si, yang juga menerangkan bahwa “Rapat Konsolidasi dan Rekonsiliasi Hasil SP2020” diselenggarakan untuk mengetahui secara detail penyebab terjadinya under coverage antara jumlah penduduk hasil sementara pendataan SP2020 September dibandingkan dengan jumlah penduduk Hasil Proyeksi SUPAS2015 di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan. Selain hal tersebut, juga untuk mengetahui hasil revisit (kunjungan ulang) dan evaluasi yang telah dilakukan di tiap kabupaten. Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan oleh masing-masing Kepala BPS Kabupaten tentang penyebab under coverage di wilayahnya. Pada setiap paparan, Kasi Statistik Ketahanan Sosial BPS Provinsi Jawa Tengah, Erli Widhi Astuti, S.Si, M.Si, beberapa kali menanyakan mengapa beberapa desa/kelurahan yang Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) atau sex ratio-nya terlalu rendah atau terlalu tinggi dibandingkan Hasil Proyeksi SUPAS2015 yang kemudian dijawab alasannya oleh masing-masing Kepala BPS Kabupaten dibantu dan ditanggapi dengan beberapa alasan oleh Kasi Statistik Sosial BPS Kabupaten.

Dari hasil kunjungan ulang yang telah dilakukan di masing-masing kabupaten, pada umumnya fenomena under coverage disebabkan antara lain : 1. Wilayah dengan konsentrasi pendidikan dan pesantren cenderung berkurang; 2. Belum terdeteksi pergerakan/dinamika penduduk antar wilayah (antar desa/kecamatan/kab/kota); 3. Pandemi menyebabkan berkurang atau bertambahnya penduduk di suatu wilayah. Daerah sebagai penyuplai tenaga kerja akan bertambah dan akan mengurangi daerah demand tenaga kerja; 4. Budaya masyarakat yang lebih ingin mencari pekerjaan di luar kabupaten dan luar negeri; 5. Proyeksi digunakan sebagai data pembanding/alat kontrol, sehingga yakin dengan hasil SPS 2020 yang dihasilkan. Namun perlu juga dipertimbangkan dengan hasil SP2010.

Rapat Konsolidasi dan Rekonsiliasi Hasil SP2020 berlangsung hingga sore hari. Diharapkan hasil dari acara tersebut dapat memberi masukan ke BPS Provinsi Jawa Tengah yang digabungkan dengan hasil laporan dari beberapa karesidenan lainnya, sehingga dapat melengkapi laporan fenomena penyebab terjadinya under coverage di Provinsi Jawa Tengah. Rangkuman laporan tersebut nantinya akan diteruskan ke BPS RI untuk menjadi bahan evaluasi sebagai salah satu  upaya untuk menghasilkan data SP2020 yang berkualitas dan akurat, demi terwujudnya SATU DATA KEPENDUDUKAN.

Jangan lupa 3 M: Memakai Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak. Upayakan selalu untuk beristirahat yang cukup, menjaga kesehatan dan bersama-sama melindungi diri dan keselamatan orang lain. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua dan mengangkat pandemi Covid-19 dari bumi Indonesia tercinta.
SALAM SEHAT SELALU. W. Rini A.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik