BPS Kabupaten Pati Mencanangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui email: bps3318@bps.go.id dengan subject Permintaan Data; Pelaporan Layanan yang Tidak Sesuai Prosedur dapat dilakukan melalui lapor.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada Anda, mohon partisipasinya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 melalui link https://s.bps.go.id/SKD3318

Kunjungi link pelayanan BPS Kabupaten Pati di s.bps.go.id/layanan3318

BPS Kabupaten Pati Mencanangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

BPS Kabupaten Pati Mencanangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

11 Juni 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pati, 11 Juni 2020 BPS Kabupaten Pati melakukan kegiatan pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Pada kegiatan itu mengambil tema ‘Memberdayakan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju  Zona Integritas’. Turut hadir dalam pencanangan tersebut Bapak Bupati Kabupaten Pati, FORKOPIMDA dan beberapa OPD dan Instansi Vertikal terkait di Kabupaten Pati.

Zona berarti wilayah/daerah dengan batasan khusus, sedangkan Integritas dimaksudkan sebagai konsistensi dan keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. Integritas secara etika diartikan kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang. Oleh karenanya seseorang dapat dikatakan memiliki integritas apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan dan prinsip yang dipegangnya.

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Proses membangun Zona Integritas merupakan kerja keras untuk mewujudkan pelayanan prima kepada semua Stakeholder. Oleh karena itu, mulai dari pimpinan sampai bawahan harus punya komitmen yang kuat, punya mindset (pola pikir dan budaya kerja) yang sama sehingga keberhasilan membangun Zona Integritas ini dapat dicapai.  Syarat menuju Pembangunan Zona Integritas antara lain adalah Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal laporan keuangan, dan nilai implementasi SAKIP dengan nilai minimal CC (Cukup Baik).  

Upaya sungguh-sungguh Badan Pusat Statistik Kabupaten Pati dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Untuk itu dilakukan  inovasi dalam rangka pelayanan prima secara bertahap dan berkelanjutan. Beberapa inovasi yang telah dan sedang dilakukan diantaranya:

1.   Aplikasi SDGS Kab Pati yang bisa diinstall dari playstore sudah kami launching sejak 2019, yang digunakan sebagai alat monitoring capaian SDGs Kab Pati. Diharapkan aplikasi “SDGs Kab Pati” dapat membantu dalam memahami SDGs, sehingga seluruh masyarakat dapat ikut berperan bersama Pemkab Pati dalam mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Kab. Pati.

2.   Aplikasi PASTI yang telah dirilis sejak tahun 2018 yang digunakan sebagai input dan akses sektoral secara mandiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) / Instansi Vertikal/ BUMD Kabupaten Pati.

3.   Selain itu, di tahun 2020 kami sudah memulai pemberian ‘Data Sebelum Diminta’  dan tengah membangun aplikasi DASI BUPATI (Data Strategis Kabupaten Pati) yang bisa di download di playstore dan bisa diakses oleh siapa saja.

Ada tiga sasaran yang ingin dicapai dalam Zona Integritas ini yaitu :

  1. Terwujudnya peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi;
  2. Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN;
  3. Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik;
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik