Farmer Field Day (FFD) Sekolah Lapang Genta Organik - News - BPS-Statistics Indonesia Pati Regency

Online Service for Integrated Statistics Services can be done via email: bps3318@bps.go.id with the subject Data; Reporting Service That Are Not Compliant With Procedures can be don lapor.go.id

In an effort to improve our quality and service to you, please participate in filling out the 2024 Data Needs Survey (SKD) via the link https://s.bps.go.id/SKD3318

Visit the Statistic of Pati Regency service link at s.bps.go.id/layanan3318

Farmer Field Day (FFD) Sekolah Lapang Genta Organik

Farmer Field Day (FFD) Sekolah Lapang Genta Organik

September 5, 2023 | BPS Activities


Selasa (5/9), Kepala BPS Kabupaten Pati, Bob Setiabudi menghadiri acara Farmer Field Day (FFD) yang merupakan rangkaian dari kegiatan sekolah lapang yang mendukung Program Gerakan Tani Pro Organik (Genta Organik). Acara ini diselenggarakan oleh BPP Margoyoso dan bertempat di lahan sawah petani di Desa Pohijo, Kecamatan Margoyoso, Pati. Di samping BPS, turut hadir dalam acara yaitu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. Jateng, Kepala Dinas Pertanian Kab. Pati, Muspika Kec. Margoyoso, Kepala Desa Pohijo, Kepala Desa Pangkalan, Kepala Desa Kertomulyo dan petani pelaksana demplot organik.

 

Farmer Field Day (FFD) adalah suatu bentuk forum pertemuan antara para petani, dan penyuluh untuk saling tukar-menukar informasi tentang teknologi yang dihasilkan, apa manfaat dan keunggulannya serta bagaimana pengaplikasikannya guna mendukung penuh pelaksanaan genta organik.

 

Kegiatan sekolah lapang tersebut telah dilaksanakan selama 4 bulan (13 pertemuan) dan diikuti oleh 10 kelompok tani di Kec. Margoyoso. Dalam acara FFD ini, BSIP Lingkungan Pertanian menjadi motivator bagi petani, menyampaikan motivasi terkait pentingnya melaksanakan pertanian pro organik ramah lingkungan. Kegiatan sekolah lapang tersebut diantaranya, pengenalan genta organik, pembuatan pupuk dan pestisida organik dan cara pemakaiannya untuk tanaman. Genta organik dilakukan dikarenakan tiap tahun subsidi pupuk pemerintah kepada petani dikurangi yang dimungkinkan lambat laun subsidi dihilangkan, sementara pembelian pupuk maupun obat-obatan secara mandiri mahal, sementara bahan baku di sekitar lingkungan petani banyak seperti kotoran sapi, kambing, urine kelinci, bonggol pisang, dll.

 

Selain pemberian motivasi, pada kesempatan ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada pemilik lahan demplot genta organik dengan hasil panen yang tertinggi di setiap gapoktan.

(Humas)

 

#ffd

#farmerfielday

#gentaorganik

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia