Kegiatan Lapangan Pemutakhiran Kerangka Geospasial dan Muatan Wilkerstat ST2023 di Kec Batangan - News - BPS-Statistics Indonesia Pati Regency

Online Service for Integrated Statistics Services can be done via email: bps3318@bps.go.id with the subject Data; Reporting Service That Are Not Compliant With Procedures can be don lapor.go.id

In an effort to improve our quality and service to you, please participate in filling out the 2024 Data Needs Survey (SKD) via the link https://s.bps.go.id/SKD3318

Visit the Statistic of Pati Regency service link at s.bps.go.id/layanan3318

Kegiatan Lapangan Pemutakhiran Kerangka Geospasial dan Muatan Wilkerstat ST2023 di Kec Batangan

Kegiatan Lapangan Pemutakhiran Kerangka Geospasial dan Muatan Wilkerstat ST2023 di Kec Batangan

March 7, 2022 | BPS Activities


Dalam mempersiapkan kegiatan Sensus Pertanian 2023 (ST2023), Badan Pusat Statistik pada tahun 2022 menyelenggarakan kegiatan Pemutakhiran Kerangka Geospasial dan Muatan Wilkerstat ST2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memutakhirkan kerangka geospasial pertanian, yaitu berupa area/lahan yang memiliki potensi pertanian; serta memutakhirkan peta dan muatan wilkerstat sampai level satuan lingkungan setempat terkecil (SLS) dan blok sensus (BS), sebagai dasar untuk pelaksanaan ST2023. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini terdiri dari dua tahapan, yakni kegiatan lapangan dan kegiatan pengolahan.

Kecamatan Batangan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pati yang terletak di ujung timur dan berada di pesisir Laut Jawa. Pada kegiatan pemutakhiran ini, Kecamatan Batangan dikerjakan oleh 10 Petugas Pencacah Lapangan (PCL) dan 2 Petugas Pengawas Lapangan (PML). Selain itu, beban tugas yang dikerjakan sebanyak 338 project SLS/Non SLS dan 162 project lokasi tutupan lahan. Setiap pemeta memiliki beban sekitar 16 BS sedangkan pengawas membawahi kurang lebih 5 pemeta (sekitar 80 BS).

Kegiatan lapangan telah berjalan sejak 1 Maret 2022. Pengawas melakukan identifikasi SLS/non SLS dengan melalui pendataan dokumen ST2023-IDSLS  dengan melakukan wawancara di kantor desa dimana Kepala Desa yang bertindak sebagai narasumber. Sedangkan pencacah melakukan pemutahiran Lembar Kerja Pemutakhiran Wilayah Kerja Statistik ST2023 untuk kondisi SLS/non SLS yang menjadi wilayah tugasnya dan selanjutnya melakukan geotagging di lapangan untuk  batas SLS yang berubah dan infrastruktur pertanian seperti lumbung padi, penggilingan padi dan KUD yang menjual produk pertanian.

Selama kegiatan berlangsung, pengawas dan pemeta diwajibkan melakukan rekonsiliasi sebanyak 3 kali. Yang dimaksud rekonsiliasi tersebut adalah pertemuan antara pengawas dan pemeta untuk menyelesaikan berbagai temuan di lapangan, seperti melakukan cross check data antar pemeta dan pengawas untuk memperoleh informasi batas SLS/non SLS yang benar, memastikan tidak ada batas SLS/non SLS yang saling bertampalan, dan sebagainya. Pemeta dan pengawas di Kecamatan Batangan telah melaksanakan rekonsiliasi I pada 7 Maret 2022 di Balai Desa Tompomulyo, Kecamatan Batangan. Pada akhir pertemuan rekon I juga dilaporkan hasil realisasi yang telah diselesaikan petugas pada googlesheet s.bps.go.id/laporanrekon3300 yang diminta oleh BPS Provinsi Jawa Tengah  sebagai monitoring pencapaian penyelesaian kegiatan pemutakhiran geospasial dan muatan wilkerstat ST2023.

Kegiatan lapangan diharapkan dapat selesai sebelum tanggal 31 Maret 2022. Semoga dengan kerja keras dan kekompakan para petugas, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia