Implementation of the Micro and Small Industry Survey (IMK) Quarter IV in Manjang Village - News - BPS-Statistics Indonesia Pati Regency

Online Service for Integrated Statistics Services can be done via email: bps3318@bps.go.id with the subject Data; Reporting Service That Are Not Compliant With Procedures can be don lapor.go.id

In an effort to improve our quality and service to you, please participate in filling out the 2024 Data Needs Survey (SKD) via the link https://s.bps.go.id/SKD3318

Visit the Statistic of Pati Regency service link at s.bps.go.id/layanan3318

Implementation of the Micro and Small Industry Survey (IMK) Quarter IV in Manjang Village

Implementation of the Micro and Small Industry Survey (IMK) Quarter IV in Manjang Village

January 5, 2022 | BPS Activities


Survei Industri Mikro dan Kecil (IMK) menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bidang Statistik Produksi BPS Kabupaten Pati. Terdapat berbagai macam jenis survei IMK yang dilaksanakan, seperti survei bulanan, triwulanan, tahunan dan lain sebagainya. Pada Rabu, 5 Januari 2022 kembali dilaksanakan survei IMK Triwulanan periode Oktober-Desember 2021 di Desa Manjang, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. 

Pelaksanaan survei kali ini melibatkan tenaga pencacah, pengawas dari BPS serta beberapa mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada yang sedang melakukan kerja praktek di BPS. Sebagian besar penduduk Desa Manjang memiliki usaha kerajinan bambu dan juga usaha pengasapan ikan. Survei IMK di Desa Manjang dilakukan dengan mengambil 3 sampel data usaha atau industri yakni usaha anyaman bambu kere oleh Mbah Jami, usaha pengasapan ikan oleh Ibu Rusmini, dan usaha anyaman bambu kere oleh Mbah Sariman. Pelaksanaan survei dimulai sekitar pukul 13.30 dengan responden pertama usaha anyaman bambu kere oleh Mbah Jami. Dari survei diperoleh hasil bahwa pada bulan Oktober-Desember 2021 produksi anyaman kere Mbah Jami mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 230 menjadi 300 buah kere. Selain itu, pendapatan usaha anyaman kere Mbah Jami bulan Oktober-Desember 2021 juga mengalami peningkatan cukup signifikan. Peningkatan tersebut selain dikarenakan oleh meningkatnya produksi dan permintaan juga karena harga kere yang naik.

Selanjutnya survei dilanjutkan ke usaha kedua yakni usaha pengasapan ikan oleh Ibu Rusmini. Usaha pengasapan ikan Ibu Rusmini memproduksi beberapa produk, antara lain ikan manyung asap, ikan utik asap, ikan mermang asap dan telur kukus. Berdasarkan hasil survei, produksi ikan asap bulan Oktober-Desember 2021 mengalami peningkatan, produksi ikan manyung asap yang sebelumnya sebanyak 4200 biji naik menjadi 5000 biji. Begitu pula untuk produksi ikan utik asap yang sebelumnya sebanyak 3750 biji menjadi 6000 biji.

Sedangkan produksi ikan mermang asap dan telur kukus merupakan produk baru pada bulan Oktober-Desember 2021 yang belum diproduksi pada periode triwulan sebelumnya. Selain kenaikan jumlah produksi, harga ikan asap juga naik dikarenakan stok ikan yang sulit diperoleh.

Kemudian survei dilanjutkan ke usaha terakhir yakni usaha anyaman bambu kere Mbah Sariman. Berbeda dari usaha anyaman bambu sebelumnya, Mbah Sariman memproduksi berbagai jenis kerajinan anyaman bambu, seperti tirai bambu ukuran 1x3 meter, tatakan jemur, dan tirai bambu ukuran 2x8 meter. Peningkatan produksi yang cukup signifikan terdapat pada produksi tatakan jemur, dari yang semula sebanyak 250 buah menjadi 1500 buah. Karena banyaknya permintaan tersebut dari 1500 buah tatakan jemur, sebagian dikerjakan oleh Mbah Sariman secara langsung dan sebagian lagi dikerjakan oleh pekerjanya.

Kegiatan survei secara keseluruhan dilaksanakan kurang lebih selama 1 jam, termasuk dengan pengambilan dokumentasi survei di akhir setiap wawancara usaha yang terkait. Kegiatan survei kali ini menjadi penutup survei triwulanan Industri Mikro dan Kecil (IMK) Desa Manjang, Jaken untuk tahun 2021.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia