Pelatihan Petugas Survei KSA Padi dan Survei Ubinan 2021 - News - BPS-Statistics Indonesia Pati Regency

Online Service for Integrated Statistics Services can be done via email: bps3318@bps.go.id with the subject Data; Reporting Service That Are Not Compliant With Procedures can be don lapor.go.id

In an effort to improve our quality and service to you, please participate in filling out the 2024 Data Needs Survey (SKD) via the link https://s.bps.go.id/SKD3318

Visit the Statistic of Pati Regency service link at s.bps.go.id/layanan3318

Pelatihan Petugas Survei KSA Padi dan Survei Ubinan 2021

Pelatihan Petugas Survei KSA Padi dan Survei Ubinan 2021

November 22, 2021 | BPS Activities


BPS Kabupaten Pati kembali menyelenggarakan Pelatihan Petugas Survei KSA Padi dan Survei Ubinan 2021 pada tanggal 22-23 November 2021. Namun karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19 maka pelatihan dilaksanakan dalam 1 gelombang melalui virtual zoom meeting dengan peserta sebanyak 34 orang mitra statistik, 19 orang organik BPS dan 3 orang magang STIS .

Salah satu program kerja pemerintah adalah mewujudkan kedaulatan pangan yang sejalan dengan tujuan ke-2 SDG’s yaitu zero hunger. Namun dalam pelaksanaannya ditemui kendala adanya akurasi data produksi padi yang masih lemah sehingga perlu perbaikan metodologi perhitungan data produksi padi dengan menggunakan pengukuran obyektif, teknologi terkini, metodologi yang transparan, dan up to date dengan diperkenalkan metode Kerangka Sampel Area (KSA) oleh BPS. Jadi metode KSA diterapkan dengan tujuan memperbaiki metode pengumpulan data dengan melibatkan peranan teknologi di dalamnya dengan tujuan untuk menghasilkan data yang objektif dan modern serta lebih akurat dan tepat waktu.

Upaya perbaikan akurasi data padi dilakukan terus-menerus melalui pengumpulan data luas panen padi dengan KSA sejak 2018, selanjutnya untuk mencapai tujuan memperoleh tingkat produktifitas padi dan palawija setiap subround dilaksanakan Survei Ubinan. Rancangan Survei Ubinan berbeda antara kelompok tanaman padi dan palawija. Survei Ubinan komoditas palawija dilakukan dengan pendekatan rumah tangga menggunakan list frame, yaitu unit pengambilan sampel utama adalah rumah tangga. Sedangkan Survei Ubinan komoditas padi menggunakan pendekatan area menggunakan area frame. Desain sampling Survei Ubinan komoditas padi menggunakan data hasil Kerangka Sampel AreaUnit analisis Survei Ubinan komoditas padi adalah subsegmen (bagian suatu segmen yang menjadi obyek pengamatan petugas lapangan KSA untuk memperoleh data fase pertumbuhan padi setiap bulanyang dibangun pada kegiatan KSA, dan unit observasinya adalah  plot ubinan.

Mengingat urgensi pelaksanaan KSA Padi maka dilaksanakan refreshing untuk pelatihan pengumpulan data bagi pencacah dan pengawas lapangan untuk lebih menguatkan kapabilitas petugas lama dan untuk memberikan pemahaman materi untuk petugas baru sehingga diharapkan data produksi padi yang dihasilkan oleh petugas dari pelaksanaan Survei KSA dan Survei Ubinan bisa semakin berkualitas.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia