Ubinan Surveys to Measure Rice Productivity - News - BPS-Statistics Indonesia Pati Regency

Online Service for Integrated Statistics Services can be done via email: bps3318@bps.go.id with the subject Data; Reporting Service That Are Not Compliant With Procedures can be don lapor.go.id

In an effort to improve our quality and service to you, please participate in filling out the 2024 Data Needs Survey (SKD) via the link https://s.bps.go.id/SKD3318

Visit the Statistic of Pati Regency service link at s.bps.go.id/layanan3318

Ubinan Surveys to Measure Rice Productivity

Ubinan Surveys to Measure Rice Productivity

October 5, 2021 | BPS Activities


BPS Kabupaten Pati mengadakan survei ubinan padi di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo pada tanggal 5 Oktober 2021. Tujuan dilakukan kegiatan tersebut adalah mengumpulkan data produktivitas tanaman pangan, terutama tanaman padi. Survei ubinan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh BPS bersamaan dengan waktu panen. Survei ubinan padi ini dilakukan melalui pendekatan Kerangka Sampel Area (KSA).

Adapun proses ubinan yang dilakukan adalah yang pertama menentukan titik lokasi tempat ubinan yang berukuran 2,5 m kali 2,5 m. Pemilihan lokasi ini didasarkan oleh pengukuran yang dilakukan sebelumnya yaitu dengan mengukur satu petak sawah lalu diambil titik random untuk memilih titik pusat plot ubinan. Dengan menggunakan prinsip searah jarum jam dari arah barat daya, ditentukan kotak area padi yang digunakan sebagai sampel ubinan. Selanjutnya area padi dalam kotak dirontokkan lalu ditimbang.

Pada kegiatan ubinan kali ini dilakukan pada 2 petak sawah padi yang sudah siap panen. Hasil yang didapatkan dari survei ubinan kali ini adalah sebanyak 6,135 kg dan 5,49 kg.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

BPS Kabupaten Pati (Statistics of Pati Regency)Jl. Pati-Kudus Km.3

Telp (0295) 381905

Faks (0295) 386056

Email : bps3318@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia